Selasa, 22 Juni 2010

Jamaican music















Yaaap.. Kalo kalian liat judulnya aja, "jamaican" itu ya musik yang asalnya dari negara Jamaika, dan juga yang dipopulerkan oleh Bob Marley.

Musik Jamaika asalnya sendiri datang dari tradisi para budak Afrika yang bercampur dengan unsur musik lain. Interaksi para budak Afrika dengan kaum majikan yang berasal dari Eropa pun sedikit demi sedikit menjadi suatu silang budaya/asimilasi yang pada akhirnya disebut "Jamaican music". Lalu, musik inipun makin luas dengan adanya gaya musik yang bermacam - macam warna. Seperti "mento", "ska", "rocksteady", dan juga "reggae".

Dari aliran yang ada diatas, yang paling mainstream dan cukup terkenal di seluruh dunia adalah reggae, ini karena seseorang yang biasanya orang awam kenal dengan "pelopor reggae". FYI, sebenarnya nggak ada hubungannya antara musik reggae dan warna merah, kuning, dan hijau. Ini hanya dikarenakan image Bob Marley yang kebetulan menganut paham "Rastafaria".

Rastafaria adalah suatu pandangan hidup yang mengakui Haile Selassie(bekas kaisar Ethiopia bernama asli Tafaria Makkonen) sebagai Tuhan yang menjelma sebagai manusia. Namun secara sosial, Rastafaria adalah gerakan perlawanan menentang perbudakan dan semangat membela yang tertindas. Filosofi Rasta yang sebenarnya justru mengajarkan untuk hidup bersih, tertib, mempunyai prinsip dan tujuan hidup yang jelas, tidak merokok, makan daging, bahkan minum alhohol sekalipun.






















nah, kita tahu sendiri ini gambar Bob Marley


Di Indonesia, perkembangan Jamaican music juga cukup terlihat kok. lihat saja Tony Q Rastafara, Steven & the Coconut trees, Souljah, Ras Muhammad, The Authentics, Shaggydog, sampai Mbah Surip(alm) dan juga Cozy Republic yang cukup membuat mainstream dengan style Jamaican music mereka masing - masing.
















Tony Q Rastafara




















Shaggydog










The Authentics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar