Sabtu, 12 Februari 2011

SMASH - plagiat ataukah suatu gebrakan?



"You know me so well, girl i need you. girl i love you, girl i heart you"

Begitulah penggalan lirik lagu berjudul "I heart you" dari sebuah boyband pendatang baru, SM*SH (baca:Smash) yang sedang booming belakangan ini. Saya akui, setiap personilnya mempunyai tampang yang tidak jelek. Terlebih lagi, aksi koreografi mereka sangat menarik membuat banyak penggemar kaum hawa mulai menggilai dan mengagumi mereka.

Namun, sangat disayangkan setelah Saya amati, lagu "I Heart You" ini mempunyai kesamaan intro dengan salah satu lagu milik Justin Bieber. an setelah Saya dengar-dengar dari teman saya bahwa Mereka banyak melakukan plagiat terhadap style ala boyband korea. Seperti "Super Junior" dan semacamnya. "Kenapa hal yang bagus dan laku itu harus selalu merupakan plagiat dari suatu karya lain?"

Ya, Saya akan memaparkan opini saya tentang hal ini. Terlepas dari plagiat atau tidak, Smash telah memberi suatu gebrakan bagi Musik Indonesia. Setidaknya mereka memberi pilihan alternatif bagi para penikmat musik. Khususnya untuk Indonesia, yang notabene selera musiknya buruk. Dan sekali lagi, terlepas dari satu hal, "apakah itu orisinil bagi kita?"

Dan saran saya untuk penikmat musik Indonesia, jangan terlalu men-judge karya orang lain dengan semena-mena. "Hargai karya orang lain, belum tentu kita bisa berbuat lebih dari apa yang mereka perbuat".

3 komentar:

  1. benar , sulit mencari yg benar benar orisinil dalam bidang ini :)

    BalasHapus
  2. Sebenarnya sesuatu yang bagus itu bisa dihasilkan tanpa harus terjebak dengan plagiarisme. sifat plagiat itu sendiri terjadi karena kurangnya kreativitas yang kemungkinan disebabkan oleh kurangnya keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan kurangnya pengetahuan yang dapat menjadi sumber untuk menciptakan suatu karakter yang asli.

    BalasHapus
  3. setuju masbro, emang susah nyari yg barang orisinal jaman sekarang

    BalasHapus