Sabtu, 04 Desember 2010

Rick Allen – Semangat Walaupun (Hanya) Satu Tangan








Rick Allen – Semangat Walaupun (Hanya) Satu Tangan
Di tengah banyaknya drummer yang main dengan dua tangan, Rick Allen telah membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak dapat menghentikannya untuk bermain drum. Bukti otentiknya dapat dilihat dari kesuksesan yang membawanya dan juga bandnya, Def Leppard, menuju puncak popularitas yang hingga sekarang banyak band-band yang ter-influence oleh mereka.
Drummer yang bernama lengkap John Cyril Allen, dilahirkan di daerah Dronfield, Derbyshire. Bakat dari Rick Allen sendiri udah keliatan semenjak Ia berumur 5 tahun. Di umur yang sekecil itu, Dia udah memupuk kecintaannya pada drum. Sampai pada umur 10 tahun, Ia mendapatkan drum pertamanya, dia mempunyai kemauan keras, dan berjanji untuk kursus belajar instrument drum yang baik dan benar. Selang 6 bulan kursus, Beliau udah ngebentuk band pertamanya yang dinamai “Smokey Blue”. Beliau udah mulai banyak ngebentuk band-band notabene “project” buat Dia.
Pada umur 15 tahun, Rick Allen mengisi kosong posisi drum di Def Leppard menggantikan drummer aslinya, Tony Kenning. Tanggal 28 November 1978, Rick Allen secara resmi didaulat sebagai drummer Def Leppard. Makin lama, karena prospek band ini dirasa makin cerah dan juga merasa mengganggu kehidupan sekolah, di tahun 1979 Rick Allen berhenti sekolah dan lebih memilih untuk melanjutkan karir ke musik.
Kecelakaan yang merubah hidupnya itu, terjadi pada tanggal 31 Desember 1984. Ia mengendarai Corvette-nya untuk menghadiri suatu acara sanak saudaranya di Shellfield. Saat perjalanan pulang, Ia disalip sebuah mobil dari samping. Diduga Rick Allen labil yang berumur 21 tahun pada saat itu, Rick Allen berusaha untuk menyalip mobil tersebut. Ketika itu Ia tidak sadar melewati sebuah belokan hingga Ia kehilangan control, dan menabrak pembatas jalan hingga terpental keluar beberapa meter dari dalam mobil. Kecelakaan ini pun merenggut tangan kiri drummer kenamaan ini.
hal ini benar-benar membuat Rick Allen nge-down. Jangankan drummer, orang biasa aja pun pasti shock berat kalo dapet kecalakaan semacam ini. Beruntungnya, Ia cepat bangkit dari masa keterpurukannya. Dia mulai memikirkan segala kemungkinan untuk memainkan drum dengan satu tangan. Dia percaya bahwa Ia masih bisa memainkan drum walupun dengan satu tangan. Dia mengganti tangan kirinya dengan kaki kiri yang biasanya digunakan untuk menahan hi-hat, menjadi pedal untuk memukul snare drum.Jeff Rich(drummer band Status Quo) adalah orang dibalik penyemangat dan penolong Rick Allen untuk membantunya merancang perangkat drum elektronik agar dapat memainkannya secara satu tangan. Yang setalah itu, rancangan drum ini dipercayakan kepada suatu pabrikan drum untuk diproduksi secara khusus.
Tahun 1986, Rick Allen berhasil kembali membuat debut perdananya pasca kecelakaanyang menimpanya itu, betempat di festival musik ”Monster Of Rock” di Castle, Donnington. Pada bulan Agustus 1987, Def Leppard merilis album ke 4-nya yang berjudul “Hysteria”. Album ini berhasil meraup penjualan sampai 15 juta kopi. Rick Allen juga masuk dalam daftar “100 Greatest Drummer All Of Time” versi sebuah website di Inggris. Tepatnya Ia di tempatkan pada peringkat ke-7. Dia memang benar-benar telah membuktikan bahwa keterbasan fisik tidak mampu mengurungkan tekadnya untuk bermain drum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar