Sabtu, 26 Februari 2011

Kesalah-kaprahan Terhadap Try Out Sekolah

Hai, cukup lama nih saya tidak blogging. Maklum, 3 sma memang lagi sibuk-sibuknya. Mulai dari try out, bimbel dan sebagainya. Bagaimana dengan hari Anda? Saya harap itu pun baik-baik saja. Di kesempatan yang sempit ini, Saya hanya ingin berbagi pikiran lagi, meluruskan apa yang saya rasa sudah disalahartikan mengenai try out pra-ujian nasional.

Ya, kita tahu try out itu apa. Jika diartikan per kata, try out adalah try : mencoba dan out : keluar. Jelas bahwa artinya bukanlah kita harus mencoba keluar dari sekolah(hahaha). Yang dimaksud disini adalah mengerjakan selembar soal untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam mengerjakan soal UN.

Nah, inilah hal yang menurut saya sudah disalahartikan. Try out sekarang dianggap sebagai musibah, bencana, dan momok bagi para pelajar. Padahal tujuannya adalah untuk mengukur seberapa kompeten kita dalam menghadapi UN. Mereka(para siswa) kebanyakan melewati try out dengan mencontek, dan juga melihat kunci jawaban, tanpa berpikir apakah itu baik untuk mereka.

Tidak mau munafik, saya sebagai siswa biasa yang kemampuan otaknya pas-pasan, juga sering mencontek. Namun akhir-akhir ini saya mulai berpikir, "kapan saya akan bisa jika saya hanya mencontek pekerjaan teman? Apakah ini membawa perkembangan baik untuk saya?" Disinilah saya mulai mencoba untuk merubah kebiasaan saya. Dan satu hal lagi. "Ini masih try out. Try out aja udah nyontek, gimana pas UN?"

Saya harap pun teman-teman dapat memikirkan hal yang baik untuk kalian sendiri. Kita sama-sama sudah dewasa, sudah tahu mana yang baik dan yang buruk. Tidak ada salahnya jika kalian menerima kunci jawaban, tapi ada baiknya jika kalian cocokkan terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga, pekerjaan yang kita lakukan sendiri akan terasa lebih membanggakan dan juga memuaskan. Dan juga selamat berjuang bagi murid sma yang akan menghadapi UN, semoga semuanya lulus dan masuk PTN favorit. Amin.

2 komentar:

  1. Saya setuju sama pendapat Anda :)
    Padahal kan salah satu tujuan dari try out itu supaya kita tahu dimana kemampuan kita yang sesungguhnya, kalau nilai try out hasil nyontek tinggi bisa jadi takabur tuh, akhirnya terlalu nyantai dan pas UN sesungguhnya ga bisa nyontek jadi mati kutu deh :D

    anyway, salam kenal ya, kak.
    sukses buat ujiannya :)

    BalasHapus
  2. terima kasih ya :) salam kenal juga

    BalasHapus