Jumat, 04 Maret 2011

Blame, Excuse, and Justify

Hai para pembaca. Maaf yang telah menunggu posting dari saya cukup lama. Saya baru blogging lagi setelah aktivitas yang cukup padat. Satu alasannya, school bussiness -_- .

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa maksud dari kata-kata yang tertulis pada judul kali ini. Ya. Blame, excuse, and justify adalah 3 hal yang harus dihindari ketika ingin mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Blame, jika diartikan secara bahasa, berarti menyalahkan. Menyalahkan orang lain atas suatu hal yang terjadi tidak bagus sesungguhnya. Bisa-bisa, kita dijauhi teman-teman kita. Ini pun mempengaruhi diri kita untuk terus menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kita perbuat, sehingga kita tidak pernah introspeksi diri.

Excuse, secara bahasa diartikan sebagai alasan. Maksudnya disini ialah orang yang terus membuat alasan-alasan agar dirinya selalu benar. Hal ini merupakan penghambat besar bagi diri kita untuk berkembang. Mungkin orang beralasan itu wajar, namun tidak harus melulu beralasan dalam segala hal.

Yang terakhir, justify. Secara bahasa berarti memaklumi. Simpel saja, "orang yang terus memaklumi segala kesalahan yang diperbuat tidak akan pernah mengalami progress dalam hidupnya".

Semoga hal ini dapat membantu kalian dalam meng-introspeksi diri. Tetap bertanggung jawab akan sesuatu yang telah kita perbuat, dan jangan menyalahkan orang lain atas sesuatu yang telah terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar