Jumat, 25 Maret 2011

Earth hour

Yap, tepat di hari ini, tanggal 26 maret 2011 akan diadakan program serentak yang dilakukan di banyak negara di dunia. Ya, program mematikan semua lampu dan listrik yang tidak perlu selama satu jam mulai pada pukul 20.30 - 21.30 ini tahun kemarin cukup membawa banyak dampak positif.

Alhamdulillah, tahun kemarin saya juga ikut berpastisipasi untuk mematikan semua lampu dan alat listrik yang tidak digunakan untuk meng-efisiensi penggunaan listrik. Hanya sayangnya saja, di komplek perumahan saya rumah yang ikut berpastisipasi untuk earth hour dapat dihitung dengan jari (kaki).

Event yang digagas oleh WWF(World Wildlife Fund) ini cukup berhasil memangkas penggunaan energi di suatu negara, bahkan dunia, yang dari tahun ke tahun semakin progresif sejak tahun 2009. Untuk Jakarta sendiri, pusat - pusat kota seperti monas, bunderan HI dan lain - lain, akan dipadamkan sebagai wujud partisipasi. Begitu juga dengan kota- kota lain di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Jogja, dan sebagainya. Untuk tahun ini, akan ada banyak pusat - pusat yang akan dimatikan seperti Menara Eiffel di prancis dan juga Sphinx di mesir.

Sebenarnya cukup mudah bagi kita untuk berpartisipasi, yang kita lakukan hanya mematikan semua lampu dan juga alat elektronik. Dan mungkin mengurangi tweet di jam Earth hour tersebut. Menurut saya cukup simpel untuk dilakukan, tinggal bagaimana menahan kemauan kita untuk menyalakan televisi dan alat - alat listrik lain.

Saya sangat menghimbau teman - teman untuk berpartisipasi dalam Earth hour nih. Ini adalah cara simpel yang bisa kita lakukan untuk meng-efisiensi dunia dari kelangkaan energi. Hanya satu jam saja, nggak lama kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar